Cuaca besok, Senin 2 Oktober 2023: Sebagian besar langit di Jabodetabek cerah sepanjang hari

Cuaca panas dan terik melanda warga Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir. Seperti dilansir Merdeka.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah Jakarta akan berawan dan cerah.

kata Kepala Prakiraan Cuaca BMKG Laode Nurdiansyah kepada wartawan, Rabu (27/9/2023). Dalam dua tahun terakhir, suhu udara maksimum di Jabodetabek mencapai antara 36 hingga 37 derajat Celcius.

“Terpantau suhu udara maksimum di wilayah Jabodetabek mencapai 37-37 derajat Celcius. Kondisi ini wajar dan lumrah pada masa pancaroba seperti sekarang,” ujarnya.

Selain itu, terungkap juga bahwa cuaca panas di Jakarta dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari optimalnya sinar matahari di pagi hari hingga siang dan siang hari. Faktor lainnya terkait dengan minimnya tutupan awan yang dapat mengurangi intensitas sinar matahari langsung ke bumi.

“Kondisi cuaca cerah dengan tingkat pertumbuhan awan yang minim juga menyebabkan pemanasan matahari menjadi optimal. Pertumbuhan awan diketahui dapat menghalangi sinar matahari langsung mencapai permukaan bumi,” tutupnya.

Saat ini, warga Jakarta juga terlihat sudah mulai menggunakan payung untuk menghindari panasnya sinar matahari. Selain itu, kondisi El Niño sedang dan IOD positif diperkirakan akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2023.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *