Gempa hari ini, Minggu 1 Oktober 2023: Guncang Jember Jawa Timur dan Sukabumi Jawa Barat

Liputan6.com, Jakarta – Pada Minggu akhir pekan (1/10/2023), gempa kembali mengguncang Indonesia. Pada pukul 20.00, terjadi dua kali gempa hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui situs resminya www.bmkg.go.id Lindu hari pertama dilaporkan terjadi pagi ini pukul 07:18:41 WIB di kawasan Jember, Jawa Timur (Khatim).

Episenter gempa berada pada koordinat Lintang -10.69 dan Bujur 113.07. Lindu yang terjadi berkekuatan 5 dengan kedalaman 10 kilometer. Pusat gempa terletak 284 kilometer barat daya Jember, Jawa Timur.

Kemudian pada pukul 11:00:26 WIB lindu mengguncang Kabupaten Sukabumi, provinsi Jawa Barat (Jabar). Gempa yang terjadi berkekuatan 5,4 dengan kedalaman 88 kilometer.

Pusat gempa Lindu terletak pada koordinat 7,26 Lintang Selatan (LS) dan 106,6 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa terjadi di darat 30 kilometer tenggara Kabupaten Sukabumi, kata BMKG.

Lindu dirasakan bersama MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Pandeglang, Tasikmalaya, Bogor dan Lebak. Kemudian MMI II-III Bandung dan Cibadak.

Kemudian MMI III di Cipanas, Sawarna, Pelabuhan Ratu, Soreang dan Cianjur. Selain MMI IV di Cisolok, Sukabumi dan Kota Sukabumi.

Apa itu gempa bumi?

Sekadar informasi, gempa bumi merupakan bencana alam yang bersifat merusak. Fenomena ini bisa terjadi kapan saja dan berlangsung dalam waktu singkat. Dan Indonesia merupakan daerah rawan bencana seismik.

Gempa bumi merupakan bencana yang dapat menimbulkan korban jiwa dan material.

Menurut WHO, gempa bumi secara global menyebabkan 750.000 kematian selama periode 1998-2017. Lebih dari 125 juta orang terkena dampak gempa bumi selama periode ini.

Dampak dahsyat gempa Malang di Jawa Timur

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *