Megawati menyinggung intrik politik: berbagai cara dilakukan untuk meraih kekuasaan

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, menilai politik saat ini hanya digunakan untuk menggalang kekuatan dengan tujuan meraih kekuasaan. Oleh karena itu berbagai cara digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

“Politik sering kali dilihat hanya sekedar mencari kekuatan untuk meraih kekuasaan politik. Berbagai cara dilakukan,” kata Megawati saat menutup Rakernas ke-4 PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/1/2023).

Megawati menyoroti fenomena berbagai cara yang digunakan untuk meraih kekuasaan. Bagaimana menawarkan posisi strategis, sediakan hak istimewa kebijakan-kebijakan yang menguntungkan dirinya sendiri dan kelompoknya, sampai-sampai menjanjikan hal-hal yang tidak rasional.

“Kalau kita lihat ada yang menawarkan jabatan-jabatan strategis tertentu, ada juga yang memberikan keistimewaan politik yang menguntungkan dirinya atau kelompoknya, ada juga yang menawarkan hal-hal yang sebenarnya tidak rasional namun dianggap wajar untuk mendapatkan kekuasaan.” kata presiden kelima RI ini.

Megawati mengingatkan kadernya bahwa PDIP adalah partai ideologis. Sebagai organisasi politik harus mengabdi pada bangsa dan negara.

“Kita ini partai yang ideologis, artinya tujuannya ada. Makanya kita semua harus paham bahwa kewajiban kita sebagai organisasi politik adalah mengabdi pada bangsa dan negara,” ujarnya.

“Dalam permintaan itu, yang tidak pernah bosan saya sampaikan adalah sampai ke akar-akarnya,” kata Ketua PDIP itu.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *